Mobil Listrik yang Mencuri Perhatian di GIIAS Bandung 2025

Posted on

Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2025 yang digelar di Sudirman Grand Ballroom, Kota Bandung, menghadirkan beragam mobil yang menarik, termasuk mobil listrik. Beragam produk mobil listrik dengan kelebihannya masing-masing saling unjuk gigi di event ini dan mencuri perhatian.

AION salah satu merek kendaraan listrik (EV) yang merupakan perusahaan inti strategis dari GAC Group menampilkan produk terbarunya di GIIAS Bandung 2025 yakni AION UT. CEO GAC AION Indonesia Andry Ciu mengatakan, mobi listrik itu hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat Jawa Barat.

“Kami kenalkan produk terbaru kami AION UT yang memiliki banyak keunggulan, ruangnya luas, interior yang futuristik, fast charging tercepat di kelasnya. Mobil ini didesain desainer Eropa, bisa memenuhi kebutuhan kita dan mobil ini memiliki jarak tempuh terjauh di kelasnya yang bisa berjalan 500 Km,” kata Andry, Rabu (1/10/2025).

Disinggung target penjualan di GIIAS Bandung 2025, Andry pasang target yang sangat tinggi. “Targetnya 3 digit, karena biasanya 3 digit. Jadi Bandung harus 3 digit juga,” ucap Andry penuh optimis.

Di sisi lain, mobil berwarna kuning menyala juga mencuri perhatian, yaitu Wuling New BinguoEV 2025. Mobil ini hadir sebagai mobil listrik hatchback kompak yang menggabungkan desain modern dan performa ramah lingkungan. Mobil ini dirancang ideal untuk kenyamanan 4 penumpang sekaligus mudah bermanuver di perkotaan.

8 tahun berkiprah di Indonesia, Area Sales Manager Wuling Jabar Dandy Damar Raharja optimis bisa mendominasi pasar mobil listrik di Jawa Barat.

“Jadi untuk prospek Jawa Barat sendiri khususnya saya bisa bilang bahwa EV ini masih menjadi dominasi ya, khususnya di Bandung di mana kalau kita melihat dari yang ada di pasar saat ini EV itu masih sangat dominan. Khususnya di Wuling pun Air RV menjadi salah satu EV kita yang masih jadi terbaik di kelasnya seperti itu,” ujarnya.

“Juga dengan adanya GIIAS ini sudah pasti kita ingin lebih lagi nih memperkenalkan Wuling pada masyarakat Kota Bandung dan juga sudah pasti memperkenalkan bahwa EV ini sudah sangat bisa diterima di Kota Bandung khususnya seperti itu,” tambahnya.

Disinggung target penjualan dalam pameran mobil terbesar di Indonesia ini, Wuling targetkan 150 unit penjualan dalam rentang waktu 5 hari pameran.

“GIIAS sebelumnya responsnya juga sangat baik. GIIAS sebelumnya kita mencapai SPK di angka 125. Ya, jadi tahun ini saya rasa sepertinya di angka 150 sangat achievable dan saya rasa bahkan kita bisa achieve jauh lebih tinggi dengan melihatnya kita memiliki banyak line up produk baru juga di tahun ini. Secara umum di Jawa Barat cukup baik ya dan pasti sudah saya sampaikan sebelumnya dominan masih di EV dan tadi Air EV masih dan Bingo EV masih menjadi salah satu kekuatan kita di produk EV kita,” terangnya.

Sementara itu, setelah berhasil memperkenalkan kendaraan listrik (EV) unggulannya di GIIAS Jakarta, Surabaya, dan Semarang, BYD kini kembali berpartisipasi dalam GIIAS Bandung 2025. Salah satu produk unggulan yang dikenalkan yakni BYD ATTO 1.

Head of Public & Government Relations PT BYD Motor Indonesia Luther Panjaitan menuturkan, BYD ATTO 1 dilengkapi fitur canggih untuk mobilitas urban dengan dimensi compact dan wheelbase yang ringkas dan memudahkan manuver dan parkir di area padat seperti kampus, pasar, dan pusat perbelanjaan.

“Mobil ini memiliki ground clearance 155 mm dan pengendalian yang stabil membuatnya sangat mudah melintasi kontur jalan yang bervariasi, dari turunan curam hingga jalan basah setelah hujan sehingga cocok bukan hanya untuk perjalanan harian tetapi juga untuk liburan singkat ke destinasi wisata di provinsi ini,” jelasnya.